LIFE THOUGHTS
this site the web

Hutang Ma'af

Sampai saat ini, gw masih punya satu hutang yang sangat besar pada seseorang. Gw berhutang sebuah permohonan ma’af pada seorang gadis yang sebut saja bernama “Jessie”. Dia adalah kekasih gw yang pertama, karena selama ini gw cuma pernah pacaran 2 kali (sebenarnya 3, tapi yang satu lagi tidak layak dibilang pacaran karena kami masih lugu dan polos).

Gw kenal dia sejak SMP kelas tiga, tapi dia mulai memperhatikan gw sejak awal masuk SMP. Dia adalah seorang wanita “pengagum rahasia” gw (cieee.. gaya ya gw? hahahaha..>=D). Iya, jessie mempunyai perasaan suka sama gw sejak kami masuk SMP. Di awal cawu pertama kelas 1, gw pernah jatuh di lapangan sekolah dan mengakibatkan kaki gw luka-luka. Kebetulan dia adalah anggota PMR saat itu, dan dialah yang merawat kaki gw. Dia ramah, penuh senyum, tapi pendiam.. itulah awal pertemuan kami berdua. Sejak pertemuan itu keadaan pun enggak berubah sama sekali, gw tetap enggak kenal dia dan enggak bertegur sapa. Kadang kami berdua cuma suka saling lihat dari kejauhan..;p

Waktu terus bergulir, dan gw masuk kelas 3. Kelas gw kebetulan berbarengan sama dia, sebelumnya kami beda kelas di kelas 1 dan 2. Perkenalan gw diawali oleh kecerobohan gw yang enggak bisa menjaga suatu barang dengan baik. Pulpen gw sering banget hilang atau bahkan bocor, dan gw sering kelabakan pinjem pulpen ke sana-sini karena biasanya hilang ditengah pelajaran sesudah jam istirahat. Gw udah sering pinjem punya temen gw (biasanya perempuan, karena jarang banget ada cowok yang bawa peralatan tulis lengkap), tapi tetap aja gw juga menghilangkan pulpen mereka yang akhirnya membuat mereka kapok meminjamkan gw pulpen.

Satu waktu gw pinjem sama dia, gw menghampiri seraya bertanya “ehm, permisi.. sorry, gw boleh pinjem pulpen enggak?” dia senyum sambil jawab “ooooh, pulpen? ada kok.. boleh..”. Akhirnya gw pinjem pulpen dia, dan seperti biasa pulpennya hilang lagi entah kemana, ditambah lagi gw selalu lupa untuk mengembalikan pulpen yang gw pinjem pas jam pelajaran selesai. Besoknya, gw udah kelimpungan lagi.. dan gw pinjem lagi ke dia “eh.. siapa namanya ya? boleh pinjem pulpen enggak?” terus dia bilang “haha, panggil aja gw jessie.. pulpen? lho? yang kemarin emang kemana?” malu gw pas dia bilang begitu ;p. Akhirnya dia meminjamkan lagi pulpennya ke gw.


Begitu terus berlanjut setiap hari, seolah dia setiap hari selalu beli pulpen untuk gw pake di sekolah nanti. Meskipun pasti hilang, dia selalu bersedia untuk meminjamkan pulpen yang baru. Kami jadi semakin dekat, sering ngobrol-ngobrol dan cerita-cerita. Dia juga sering ikut gw latihan band sama teman-teman gw waktu itu (meskipun kami semua masih pada cupu-cupu main musiknya ;p).

Tanpa terasa, tiba saatnya untuk perpisahan.. dan sekolah kami waktu itu mengadakan perpisahan dengan berlibur ke pantai “Carita”. Saat itu, gw udah mulai suka sama dia dan juga sebaliknya. Tapi diantara kami berdua sama-sama berusaha menyembunyikan rasa itu. Bahkan di saat pertemuan terakhir kami di masa SMP, dia cuma bilang “wah.. sekarang kita pisah ya? hati-hati ya? semoga lo sukses di SMA yang baru..” dan gw jawab “iya nih, sama-sama ya..” udah, cuma sebatas itu kata-kata terakhirnya. Dan kami pun pisah sejak hari itu, tanpa ada kabar lagi dari masing-masing kami.

2 tahun berlalu, waktu itu gw kelas 2 SMA dan baru mau naik ke kelas 3. Tiba-tiba teman lama gw telepon “hei paul!!!! apa kabar????” kami ngobrol-ngobrol dan dia sempat bertanya “jessie gimana? tau kabarnya enggak? duuh kangen nih gw sama dia pengen ketemu..” gw tiba-tiba jadi inget lagi sama jessie, dan gw bertanya-tanya dalam hati apa kabarnya dia sekarang ini? teman gw itu tiba-tiba bercerita sesuatu hal yang membuat gw shock berat! “eh paul, gw pengen jujur nih sama lo.. sebenernya gw suka sama si jessie waktu kita SMP.. tapi gw takut.. haha, takut di tolak..” dan gw bilang “waaah, kenapa baru cerita sekarang? kenapa enggak dari dulu? pasti udah gw bantuin lo untuk bisa dapetin dia..” gitu kata gw, dan teman gw itu malah jawab “lho??? gimana sih? ya pasti ditolaklah gw, orang dia sukanya sama lo kok.. emang lo enggak tau apa???”. Gw kaget, gw shock! seneng ke ge-eran, tapi nyesel juga kenapa dulu gw enggak menyatakan perasaan gw sama dia.. haha, dilema tuh gw saat itu..^^

Akhirnya setelah mencari-cari tentang keberadaan jessie, gw dapat nomor teleponnya. Sejak itu, kami pun jadi dekat lagi seperti dulu walau hanya melalui tetepon. Tanpa gw duga hubungan gw semakin menjurus ke arah hati sama dia, dan akhirnya gw menyatakan perasaan gw saat itu juga.. gw enggak mau terlambat atau menyesal lagi di kemudian hari. Gw juga kasih tau dia kalo dulu pas SMP kelas 3, gw sempat suka sama dia. Dan tanggapan dia mengejutkan, dia tiba-tiba menangis.. sambil menangis dia berkata “kenapa sih paul? kenapa baru sekarang bilangnya? aku dari dulu suka sama kamu.. dari kita kelas satu, dari pertama aku ketemu kamu di ruang PMR.. aku juga sayang sama kamu begitu kita jadi dekat pas kelas 3..” Ya ampun!!?? gw beku di detik itu.. gw bisu.. terus dia bilang lagi “sejak saat itu pun sampai sekarang aku masih sayang kamu, aku udah 5 kali menolak cowok yang nembak aku di SMA.. aku masih berharap suatu saat kamu akan datang lagi dan bilang kalo kamu suka sama aku.. aku masih bermimpi kayak gitu..” gw langsung seneng, merasa bahwa masih ada second chance buat gw.. dan tiba-tiba dia bilang “tapi kenapa kamu sekarang tiba-tiba datang? kenapa sekarang? aku.. aku.. aku saat ini udah punya seseorang, aku udah 3 bulan pacaran sama dia..” huffffth, i can’t say anything even a word.

Setelah perbincangan itu, kami tetap sering berhubungan. Kami tetap dekat, tanpa gw mengganggu hubungan dia sama cowoknya. Gw sekedar ngobrol, dan dia juga, meskipun obrolannya kadang suka cerita tentang cowoknya dia. Sampai tiba pada satu titik gw akhirnya nembak dia, bertanya apakah dia mau jadi pacar gw. Gw nembak karena gw pikir kami saling suka dan saling sayang, bahkan sebelum jessie kenal sama cowoknya yang sekarang. Gw berfikir dia akan menolak, dan gw juga akan mengerti itu. Yang penting gw enggak penasaran sama dia, jadi gw nekat nembak dia. Dia bilang “jawabannya harus sekarang? aku pikir-pikir dulu ya?” dan gw bilang “enggak perlu jes, aku tau kamu sayang aku, aku tau kamu sayang dia, dan kamu juga tau aku sayang kamu, tinggal dijawab aja kok.. iya atau enggak, kalo enggak pun enggak apa-apa, kita tetap berteman seperti biasanya..” jessie diam.. lama dia hanya diam. Di saat dia diam itu gw berusaha meyakinkan dia kalo gw enggak akan jauh dari dia meskipun di tolak. Lama gw ngoceh, sampai akhirnya gw bosan sendiri dan bilang “kamu diam aja jes? ma’af ya kalo ini ternyata mengganggu kamu? ya udah kalo gitu, aku anggap jawabannya ENGGAK.. tenang aja, engak apa-apa kok, aku masih jadi teman kamu..” tiba-tiba dia berbisik “aku mau..” gw kaget! seneng, bingung, terkejut, pokoknya campur aduk deh.. ^^ Gw terus tanya “apa? aku enggak denger..” dia terus mengulangnya “aku mau.. aku mau.. aku mau jadi pacar kamu.. aku mau bareng sama kamu.. aku mau..” Hahahahaha.. tawa bahagia di dalam hati gw.^^

Gw enggak langsung sumringah juga, gw tanya “terus cowok kamu gimana?” jessie jawab “tenang aja sayank, itu urusan aku.. alasan aku mau, karena aku enggak pernah sayang sama cowok aku, aku udah bilang, tapi dia tetap maksa untuk coba.. makanya aku terima dia untuk coba apakah kami bisa cocok, tapi ternyata emang nggak bisa.. tenang aja aku akan kasih penjelasan sama dia..” huffth, gw tenang.. akhirnya sejak itu gw resmi jadi pendamping dia yang baru..^^

Hubungan kami berlangsung timpang. Ternyata jessie sangat sayang sama gw berlebihan, rela menerima apa saja perlakuan gw. Gw berkali-kali lupa sama janji gw untuk ketemu dia, dan dia tetap mema’afkan gw. Sangat sabar dia menghadapi gw, sabar dengan sikap tempramen gw, dan nurut sama perkataan-perkataan gw. Sampai pada suatu titik, gw menyadari bahwa gw belum siap untuk menjalani suatu hubungan. Gw belum siap sama komitmen, yang ada gw hanya menyakiti hatinya jessie.. Dan ternyata itu benar.. Pada saat gw enggak bisa datang di hari ulang tahun dia, dia menumpahkan semua rasa kesal dan amarahnya selama ini (sejak kami pacaran). Gw akhirnya datang di sore hari, dia senang dan nangis meminta ma’af atas sikap kasarnya, gw cuma tersenyum dan bilang “enggak apa-apa yank, aku kok yang salah.. harusnya aku yang meminta ma’af..”

Beberapa hari dari situ, gw putus.. gw memutuskan untuk mengakhiri hubungan gw setelah 6 bulan kami pacaran. Jessie menangis, mencaci maki gw dengan segala emosinya yang meluap-luap. Gw setia mendengarkannya, sampai dia sudah selesai meluapkan semuanya. Gw bilang “udah yank? iya, aku terima kamu marah.. aku mau minta ma’af yang sebesar-besarnya sama kamu, semoga kamu mau ma’afin aku.. aku masih jadi teman kamu, semoga kamu juga.. tapi andai pun enggak, enggak apa-apa.. aku terima dan aku mengerti..” jessie jawab dengan pelan, saat ini hatinya mulai tenang “iya, aku ma’afin kamu.. tapi, kalo kita emang jodoh suatu saat kita bisa bareng lagi kan?”, “iya, kalo jodoh.. itu pasti..”.

Gw sadar gw jahat, gw sadar gw salah, gw sadar telah menyakiti hatinya. Itu salah satu kisah yang membuat gw terus merasa bersalah. Bukan merasa salah karena meninggalkan dia, tapi karena menyakiti hatinya. Apalagi setelah dia mema’afkan gw, dia bilang “tapi kamu masih punya janji untuk ketemu aku lusa nanti, karena teman-teman aku pada pengen kenal kamu..” dan gw bilang “iya, aku pasti datang..” dan ternyata gw enggak datang. Lagi-lagi gw ingkar janji sama dia.. gw berhutang banyak ma’af sama jessie. Gw enggak datang itu sengaja, karena untuk bisa ngebantu dia melupakan gw dan berhenti berharap. Gw enggak mau dia lebih sakit hati lagi kedepan nanti.

Gw sadar semua udah terlambat dan enggak ada gunanya.. tapi gw tetap masih merasa gw punya hutang ma’af sama dia. Semoga suatu saat nanti gw bisa ketemu dia lagi untuk menyampaikan permohonan ma’af gw ini.. Andai pun gw enggak pernah ketemu dia lagi, gw harap dia mema’afkan gw..

“ma’af, karena aku pergi itu akan lebih baik untuk kamu.. aku enggak mau menyakiti kamu terus-menerus.. karena saat itu aku benar-benar enggak siap.. semoga kamu bisa mengerti, dan mema’afkan..”

“satu lagi, aku sama sekali enggak pernah mengkhianati kamu selama kita berhubungan.. meski saat ini aku udah enggak sayang lagi sama kamu seperti dulu, aku tetap meminta ma’af.. setidaknya sebagai seorang sahabat seperti semasa kita SMP dulu..”

“ma’af..”

0 comments:

Post a Comment

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies