LIFE THOUGHTS
this site the web

Patient

Minggu pagi, 8 November 2009, hari ini jadi hari yang kelam dan kelabu. Tiba-tiba Principessa SMS “yank, kamu suka kirim-kirim message ke papa di FB?”, kontan gw tersentak seketika itu juga. Gw yang baru tidur 4 jam tiba-tiba bangun, karena kaget. Iya gw kirim message ke bokapnya melalui FB 3 kali, yang pertama waktu ngebales message dari bokapnya yang bilang “paul, masih di jakarta? Om punya cerita banyak nih, nanti lah kalo Om udah enggak sibuk..”, yang kedua waktu gw ngabarin si Om kalo gw udah di Bandung lagi dan udah bisa ketemu si Om kalo dia pengen cerita-cerita, dan yang terakhir adalah waktu gw ngasih tau si Om kalo gw dan Principessa sudah selesai.

Berikut ini kira-kira isi suratnya “Om, saya tau kalo Principessa kena musibah.. tapi ma’af Om, saya enggak bisa jenguk. Karena sepertinya saat ini Principessa ingin benar-benar lepas dari saya. Saya takut kalo saya dateng itu hanya akan membuat Principessa sedih, stress, atau malah marah, jadi sebaiknya saya tidak menjenguk. Saya terima keputusan Principessa, saya mengerti dan faham atas keputusannya. Saya juga punya banyak cerita tapi takut Om sibuk.. pengen minta pendapat, nasihat, atau wejangan. Saya juga memohon ma’af yang sebesar-besarnya atas segala kekurangan saya selama ini, semoga Om dan keluarga berkenan mema’afkan. Semoga silaturahmi antara kita bisa terus berlangsung dan baik-baik saja juga terus berada dalam lindungan-Nya. Ma’af ya Om kalo saya udah ganggu-ganggu kirim message di FB? hehe..” begitulah kira-kira isi message gw. Gw ingin si Om mengerti kenapa gw enggak bisa datang menjenguk, gw takut dia berprasangka buruk ke gw seperti yang lalu-lalu. Gw enggak mau kayak gitu karena si Om juga udah banyak ngebantu gw ngerjain skripsi. Gw juga emang pengen curhat soal masalah-masalah gw (selain Principessa), dan gw juga sekalian ingin sekedar silaturahmi.

Tapi ternyata ini berujung buruk, Principessa marah-marah ke gw karena dia ngerasa ini benar-benar mengganggu dia. Pagi ini tiba-tiba dia sedikit di Omelin sama si Om, si Om mengira Principessa itu melarang gw untuk datang-datang lagi ke rumah. Pokoknya intinya perlakuan dan perkataan si Om di pagi itu membuat Principessa terkesan merasa telah “disalahkan”. Principessa pun ngamuk sama gw, dia pikir gw itu “carmuk” alias cari muka. sampai di status FB dia bilang “Hah? silaturahmi? apa pengen cari muka?” dan “can you just stay away from me and my whole life? stay away from my family! kalo begini, sama aja mengganggu saya..” sampai segitu merasa terganggunya Principessa karena message gw ke si Om.

Gw sama sekali enggak mau “carmuk”, apalagi selama ini juga gw sama sekali enggak pernah “carmuk” baik ke Principessa maupun keluarganya. Gw juga memang sekedar pengen kasih penjelasan kenapa akhir-akhir ini gw jarang main ke rumah Principessa, dan meminta ma’af juga atas segala kekurangan gw selama ini (selama gw berhubungan dengan Principessa). Isi message gw itu adalah isi hati gw tanpa sedikitpun di bumbui “carmuk”, lagian sisi sebelah mananya yang “carmuk”? Coba sedikit bayangkan, gw banyak dibantuin sama si Om, gw bahkan sempat konsultasi privat mengenai skripsi gw dengan si Om tanpa ada Principessa di rumahnya. Setelah semua yang si Om lakukan (kebaikan-kebaikannya), ternyata gw enggak ada waktu anaknya kena musibah, gw terlihat sama sekali enggak perduli. Gw akan terkesan “datang kalo hanya ada maunya aja..”, gw juga punya perasaan dan hati nurani, perasaan dan hati nurani gw itulah yang membuat gw ingin menjaga perasaan si Om juga. Sama sekali enggak bermaksud “cari muka” seperti yang Principessa kira. Tetapi seolah sudah buta karena amarah, Principessa malah marah-marah. Lho? bukannya baru dua hari yang lalu dia merindukan saya? hufffffffth.. memang begitulah my lovely Principessa.. <=)

Principessa juga tanya “kenapa kamu enggak dari dulu dekat sama papa aku? kenapa baru sekarang? kenapa enggak dari dulu pas aku minta kamu dekat sama dia?” ini penjelasan gw..

  • Pertama, gw enggak mendekati si Om dari dulu karena gw sendiri belum siap akan tanggung jawabnya, tanggungan untuk menjamin bisa menjaga Principessa sebaik-baiknya. Sementara gw sendiri masih suka kerepotan menghadapi hidup gw dan masalah-masalah gw.
  • Kedua, ada sedikit hal yang aneh juga.. Padahal dari dulu gw udah coba untuk mendekati papanya maupun keluarganya, tapi justru Principessa sendiri yang menutup jalannya. Contoh, kalo gw mau ajak adik-adiknya jalan-jalan bareng, Principessa enggak mau dengan alasan “nanti aku enggak bisa peluk-peluk kamu.. nanti kita keganggu..” atau kalo gw tawarin “kita enggak usah pergi aja ya? sekali-kali main di rumah kamu aja..” dia emang mau, tapi lebih sering nolaknya daripada maunya. Makanya kalo dia minta gw untuk mendekati keluarganya gw juga suka malas, dengan pikiran “ah, kemarin-kemarin gw juga udah coba mendekati tapi justru Principessanya juga yang enggak mau..” gitu, makanya gw kadang suka malas menanggapinya.
  • Ketiga, emang saat ini gw sama sekali enggak berniat mendekati keluarganya. Gw biasa aja, cuma sekedar ngasih penjelasan, minta ma’af, dan silaturahmi. Enggak lebih dari itu maksud gw.

Hufffth.. bingung.. tadi gw kaget, shock, sakit hati, perih, sedih, sampai-sampai gw kembali menitikkan air mata lagi setelah sekian lama karena saking perihnya.. perih dengar suara Principessa yang marah-marah, perih dengan segala perlakuannya, perih dengan pikirannya yang mengira gw cuma “carmuk”, perih juga karena tau ternyata gw malah merusak kebahagiaan dan ketenangannya yang mungkin baru aja dia rasakan akhir-akhir ini.. Tapi di satu sisi lucu juga, sampai gw tertawa geli geleng-geleng kepala menghadapi tingkah aneh Principessa yang plin-plan, polos, dan kadang terlihat munafik.. Dan di sisi terakhir, gw kecewa berat sama reaksinya yang marah-marah dan tanpa pikir panjang langsung nge-judge gw..

Sejujurnya, gw pengen banget teriak, marah, ataupun bentak-bentak dia untuk meluapkan emosi gw. Tapi buat apa? enggak ada gunannya.. Gw udah capek deh ngomong sama dia, enggak ngerti-ngerti dianya juga.. capek gw jelasin dan tunjukkin kalo gw ikhlas kehilangan dia, kalo gw enggak keberatan dia pilih orang lain, kalo gw enggak pernah menyalahkan dia atas segala sikapnya atau masa lalunya, kalo gw sayang sama dia itu tulus tanpa minta hal-hal apa pun, kalo gw pengen dia bisa bahagia baik oleh gw atau oleh siapapun. And you know what? she didn’t believe it..<=)

Gw kira Principessa saat ini lagi sangat merindukan gw karena sampai kirim message di FB “apa kabar” dan nge-poke gw di FB. Semalam, dada gw berdebar-debar kencang, tiba-tiba gw khawatir sama keadaannya, gw juga sampai SMS dia. Ternyata dia baru pulang habis jalan-jalan dari majalaya (rumahnya si turtle) sama si turtle, sampai jam 11 malam. Hahahahaha.. ternyata dia sudah sedalam itu lho sama si turtle, sudah semakin dalam. Dan ternyata dada gw yang berdebar kencang itu cuma feeling yang enggak guna. Dan parahnya lagi, ternyata feeling gw benar kalo Principessa itu sekedar “rindu sesaat" sama gw. <=)

Semakin kesini gw semakin merasa kalo Tuhan semakin menunjukkan sama gw bahwa dia enggak bisa jadi pendamping gw secara rohani maupun jasmani (next time gw jabarin deh maksud gw untuk hal yang satu ini). Tapi entah kenapa rasa sayang ini enggak hilang, mungkin belum hilang.. atau mungkin emang enggak akan hilang. Yang jelas, Yang Maha Kuasa benar-benar adil.. gw yakin Dia akan memberikan yang terbaik untuk setiap umatNya.. apalagi situasi ini bukan gw yang mau, tapi Principessa sendiri yang mau.. Gw yakin akan ada balasannya untuk sikap sabar gw, apapun itu.. I wish the best for it..

Sebaiknya saat ini gw lebih tingkatkan lagi kesabaran gw ini daripada sebelumnya. Dan sebaiknya saat ini gw coba lagi untuk lebih tenang dan enggak khawatir sama Principessa.. sebaiknya gw lebih percaya lagi sama pemikiran bahwa “si Turtle itu sanggup untuk menjaga Principessa dengan baik, dan andaipun enggak bisa Tuhan pasti melindunginya..” semoga begitu, semoga demikian..

Semoga kedepan situasi bisa menjadi jauh lebih baik lagi bagi semua pihak. Bagi gw, Principessa, maupun si Om..

Amin..



1 comments:

Unknown said...

sohor lo ceritanya dirinduin sama mantan lerrr..

Post a Comment

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies