LIFE THOUGHTS
this site the web

Childhood Memories

Tiba-tiba aja hari sabtu kemaren gw chat sama temen kecil gw di FB, namanya "Pay". Dia ngajakin gw main ke rumahnya "heh Paul, main-main lah ke rumah gw.." terjadi obrolan-obrolan kecil diantara kami.

PauL: "kerja dimana lo pay?"
Pay : "di daerah gatsu gw paul".

Wah, gaya ya si Pay, udah kerja di daerah Gatot Subroto.. (si temen kecil gw itu sekarang gawe apa ya..?) gitu pikir gw.

PauL: "kerja ape lo pay di sana?"
Pay : "gw iT paul"
PauL: "wah, gaya lo ya? kecilnya joget-joget bareng gw, eh pas gede udah jadi anak IT aje.."
Pay : "hahaha, bukan IT paul.."
PauL: "lha?"
Pay : "Paskampret nih gw.. hahaha, jadi Satpam di Bank Mandiri.."
PauL: "kok bisa pay? lo gak kuliah?"
Pay : "ya makanya itu gw kerja, buat nabung biar bisa kuliah.. gw udah kuliah sekarang, baru mau semester 2, gw ambil Sarana Informatika.."
PauL: "wah, bagus-bagus! kangen gw sama nyokap lo"
Pay : "baik-baik aja nyokap gw, main-mainlah ke sini.. gw besok malem ada di rumah kok.."
PauL: "Oke deh pay, besok gw ke sana.."

Begitulah, itu awalnya makanya gw besoknya main ke rumah masa kecil gw. Sejujurnya awalnya itu cuma basa-basi aja gw ngobrol sama si pay di FB, biar enggak di bilang sombong ;p. Tapi, begitu gw tau keadaannya gw langsung sedih.. tiba-tiba aja badan gw ini merinding dengernya.. si Pay jadi Satpam.. Mungkin si Pay ketawa-kwtawa aja ngebahas itu, dia santai-santai aja. Tapi gw enggak, ngebayangin temen kecil gw (tetangga lebih tepatnya, pas di sebelah rumah gw) yang dulunya ketawa-ketawa main bareng, TK bareng, taunya sekarang jadi satpam.. ya Allah, sedih banget gw.. T_T


Besoknya gw berangkat dari rumah malem-malem, sekitar jam 7 lebih sedikit. Gw deg-degan mau main kesana, maklumlah udah hampir 13 tahun gw enggak ke sana, gw pindah dari sana pas kelas 6 SD. Akhirnya gw sampe di pintu gerbang komplek "SELAPA POLRI" di daerah pasar jum'at. Gw merinding, meskipun pintu komplek itu udah banyak berubah, gw tetep aja merinding.. gw masuk, pelan-pelan gw bawa motor gw sambil tengok-tengok sekitar. Ada cafe, yang gw inget dulunya itu cuma tempat foto copy, gw pernah di omelin sama bokap gw di sana gara-gara ngerengek-rengek minta buru-buru pulang =D. Tepat di seberang cafe itu perempatan jalan komplek, gw inget pernah jatuh dari motor di situ sama bokap gw. Bokap gw jatuh karena dia nyetir motor dengan satu tangan saja.. yang satunya kemana? yang satunya megangin gw yang ketiduran pas di bonceng. Bokap gw megangin gw biar enggak jatuh, dia enggak mau ngebangunin anaknya yang lagi tidur pulas di belakang punggungnya. Waktu itu hujan rintik-rintik, pas belok di perempatan depan komplek itu kami jatuh.. motornya terpeleset karena licin, kami berdua pun jatuh. Begitu gw bangun, gw inget ada di atas badan bokap gw.. ternyata dia masih sempet2nya meluk badan gw pas jatuh, untuk melindungi gw biar enggak kena aspal, jadi dia yang jatuh ke aspal, dan gw ada di atas badannya. Hufff, sedihnya gw..T_T

Gw terus jalan sampai tiba di tengah komplek. Masjid yang dulunya pernah gw lemparin petasan dan ngebuat gw dikejar-kejar sama pak ustad itu sekarang udah berdiri megah. Besar banget masjidnya.. tempat gw belajar ngaji, lomba adzan, pesantren kilat waktu gw kecil. Gw berhenti di situ, benar-benar berhenti.. menikmati pemandangan itu, pemandangan masa kecil gw dulu., 13 tahun yang lalu.. Di sebelah kanan gw ada gang yang menuju ke arah TK gw, di gang itu gw biasa di kejar-kejar anjing sama temen kecil gw kalo pulang dari sekolah, di gang itu juga gw pernah ketabrak tukang POS karena naik sepedanya "meleng" enggak lihat kedepan, dan pernah ketabrak Taksi yang ngebikin gw "nyangsang" di kaca depan tepat di depan supir taksinya yang mukanya kaget minta ampun. Haha, bandel bener ya gw dulu? ;P

Gw akhirnya jalan lagi setelah lama bengong-bengong di situ. Enggak jauh dari situ gw ketemu perempatan lagi yang kalo lurus ke RT 05, kanan ke bengkel, dan kiri ke RT gw dulu. Di situ gw inget pernah ngeliat temen gw si "Toto" yang jatuh dari pohon jambu pas baru sehari dia di sunat (masih pake sarung lho!!). Gw belok ke kiri, sampai akhirnya gw ketemu warungnya "Ibu Teguh", warung tempat gw suka ngutang teh botol waktu kecil dulu (pas jamannya teh botol itu masih 300 perak). Tepat di seberang warung itu ada gang, itu RT 03, itu gang rumah gw yang dulu. Gw masuk, rumah ke 2 dari depan di sebelah kiri jalan, "RT 03 / RW 05". Rumah berpagar merah yang di halamannya ada pohon jambu yang besar itu sekarang udah enggak ada lagi, rumah itu sekarang terbelah jadi 2. Yang sebelahnya tukang jahit, dan sebelah lagi rumah biasa yang di huni oleh orang ambon. Dulu, itulah rumah gw.. tempat si tukang jahit dulunya adalah paviliun dan garasi gw, sementara yang sebelahnya itu rumah gw dan halamannya yang ada pohon jambu yang besar. Seketika terbayang waktu gw kecil dulu lari-larian di gang itu, terbayang saat gw mau berangkat sekolah dengan seragam TK gw yang warna kuning, terbayang waktu temen gw si "Semar" sama bokapnya tertimpa reruntuhan tembok pagarnya si Pay pagi-pagi buta, terbayang saat gw jatuh dari pagar rumah gw dan kening gw sobek. Rasanya itu baru beberapa hari yang lalu, ya ampun.. badan gw lemes banget saat itu, dinginnya malam sesudah hujan semakin menambah cita rasa "Melankolis" di malam itu. T_T

Gang itu udah mulus banget, aspalnya bagus, padahal terakhir sebelum gw pergi jalan di gang gw itu cuma batu-batu yang di sebar. Rumah berikutnya adalah rumah Pay, masih sama enggak banyak yang beda selain sekarang dia punya paviliun, dan sekarang ada motor 3 biji di halaman rumahnya. Gw parkir motor mio punya om gw di depan pagar, terus masuk ke halaman rumah si Pay sambil teriak "Assalamu'alaikum..". Pay keluar menyambut gw, "weeeeeyyyy, apa kabar lo??? hahaha..". Pay sekarang tinggi, tingginya hampir setinggi si "Klavier", wajahnya masih sama, ganteng.. emang dari kecil, dia yang paling ganteng diantara kami-kami semua. Gw juga heran sebenarnya, masalahnya orang tuanya itu dari sunda (sama kayak gw) tapi si Pay itu mukanya agak indo, dan rambutnya merah, dari dulu gw udah tanya, dia cuma jawab "tau dah, udah dari sananya begini..". Gw diajak masuk ke ruang tamu, disuguhin minum, kopi, roti, dan rambutan. Gw ketemu sama nyokapnya, bokapnya, dan kakaknya si Pay, mereka hampir enggak percaya kalo yang dateng itu gw yang notabene tetangga mereka 13 tahun yang lalu. Kami ngobrol-ngobrol sebentar disitu, nanya kabar nyokap gw, bokap gw, adek gw, dan kabar gw sendiri. Sampai kira-kira jam 9 malam gw dan si Pay keluar untuk ngobrol di paviliun sambil ngerokok dan ngopi (udah malem, jadi enggak enak kalo ngobrol di dalam terus).

Di luar, gw ngobrol-ngobrol banyak sama si Pay. Dia ceritain kalo keadaannya di sini emang udah banyak berubah, semuanya udah mulai sibuk sendiri-sendiri. Dia ceritain temen-temen kami sekarang udah pada jadi apa aja. Dia juga ngasih tau siapa aja yang pergi atau meninggal. Pokoknya kami ngobrol banyaklah tentang kenangan masa kecil.^^

Setelah ngobrol tentang masa kecil, dia mulai ceritain kenapa dia bisa sampai jadi satpam. Pay bilang dia lulus SMA nganggur 3 tahun karena enggak ada biaya buat kuliah. Si Pay cari-cari kerja, sampai akhirnya dapet kerjaan yang ini, yaitu jadi satpam di Bank Mandiri di daerah gatot subroto. Setelah nabung cukup, akhirnya Pay bisa beli motor sendiri (kredit) dan masuk kuliah ambil kelas eksekutif (kelas yang kuliahnya malam hari). Hufffth, prihatin gw sama keadaan temen kecil gw ini, beda banget sama gw yang ada biaya tapi masih belum kelar-kelar kuliah karena malas atau main-main. Pay kecil yang dulunya tukang main bareng sama gw, main kartu (gambaran), main bola, main petak umpet, bercanda, ketawa-ketawa, itu sekarang jadi seorang satpam. "Tenang Pay, pasti gw akan bantu lo suatu saat nanti pas gw mampu.." begitu gumam isi hati gw di malam itu saat mendengarkan ceritanya Pay.

Pay yang sekarang sama yang dulu enggak banyak berubah, mukanya masih tetap ganteng, halus dan putih. Orangnya masih tetap enak di ajak ngobrol dan bercanda, masih tetap mempunyai sisi misteri (suatu sisi pribadi yang seakan dia umpetin entah dimana), masih sopan dan ramah, yang beda cuma kalo saat ini dia itu berbadan tinggi.

Enggak lama kami di luar, datanglah tetangganya si Pay, yaitu si "Ciprut" temen gw juga. Si Ciprut sekarang udah gaya, udah bawa mobil sendiri, mobilnya Alphard hitam. Dia baru pulang habis dari rumah pacarnya.. "Gaya lo Prut! udah pacaran sekarang lo ya..??" dia itu umurnya 1 tahun di bawah gw dan 3 tahun di bawah Pay. Ciprut sekarang lagi magang, dia kaget pas lihat gw.. dia hampir enggak inget sama gw. Dia ikut nimbrung di paviliun itu ngobrol-bgobrol, sayang enggak lama, soalnya si Ciprut besok pagi ada ujian dan dia harus istirahat.

Ciprut banyak berubah, dulu itu dia culun. Dia enggak bisa bebas main keluar kayak yang lain karena enggak boleh sama bokapnya (di suruh belajar terus!). Tapi sekarang dia udah gaul, badannya pun jadi besar. Beda banget sama dia waktu kecil. "Haha.. ciprut, aneh banget gw liat dia sekarang.." ;P

Beberapa menit setelah si Ciprut pulang, dateng si "Tole" baru abis jemput kakaknya. Si tole itu benar-benar berubah banget sekarang. Dulu si Tole kecil, imut, suaranya cempreng. Tapi sekarang dia tinggi, gondrong pula.. meskipun suaranya masih tetep aja cempreng. Beda sama Ciprut, si Tole benar-benar masih inget sama gw, dia ketawa-ketawa dan cengar-cengir pas lihat gw. Kami bertiga ngobrol lumayan lama, biasalah.. tentang masa kecil kami.. =D

Jam 12 pas, akhirnya gw pamit pulang sama mereka. Mengingat si Pay besok pagi harus berangkat kerja, dan si Tole juga harus kuliah pagi. Gw putar arah motor gw ke arah sebaliknya, gw nyalain, dan gw berangkat pulang ke rumah sambil say "Bye" sama mereka.. Diujung gang gw sempet nengok ke belakang sambil melambaikan tangan, terdengar sama gw mereka teriak "hati-hati di jalan Paul, nanti kapan-kapan kita main ke tempat lo..!" Aneh rasanya pas diujung gang itu, melihat mereka melambaikan tangan dibarengi sudut pandang mata gw seakan melihat rumah gw di sebelah kiri jalan gang itu. Seketika terlihat mereka (Pay dan Tole) dalam wujud saat mereka kecil dulu.. "Sampai jumpa lagi kawan.." begitu kata gw di dalam hati.

Malam itu gw pulang ke rumah dengan rasa enggak karuan.. sedih liat nasib si Pay yang jadi satpam, tapi terharu melihat dia berjuang untuk pendidikan demi masa depannya.. sedih mengingat masa indah waktu gw kecil, tapi senang telah bertemu mereka lagi walau cuma sebentar. Meskipun cuma ketemu 3 orang, karena yang lainnya lagi pada pergi.. meskipun cuma lihat bagian depan komplek sampai rumah gw dan si Pay.. meskipun gw enggak sempat melihat semua perubahan di komplek itu.. gw tetep seneng.. Malam itu gw sedih, seneng, haru, melankolis, dsb.. campur aduk setelah melihat remang-remang masa kecil gw yang mulai terhapus oleh waktu dan zaman..

Nanti begitu ada kesempatan, gw akan main lagi ke sana. Untuk melihat semua perubahannya, untuk mengenang masa-masa kecil itu. Masa dimana gw hidup di dunia ini hanya sekedar untuk menikmatinya.. Semoga pas saat itu datang, gw bisa ketemu sama teman-teman yang lain juga dan melihat keadaan mereka..^^

Have a new life my old friends.. Have a good life.. ^^

0 comments:

Post a Comment

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies