LIFE THOUGHTS
this site the web

TreforiAli@

Ini adalah salah satu potongan cerita dalam hidup gw yang indah buat gw. Pasti kalian semua heran kan ngeliat judulnya? itu nama apa sih? artinya apa sih? terus maksudnya apa? Well, jadi sebenernya kata di atas adalah suatu gabungan dari dua nama band di kota Bandung. Treforia dan Alia. Apa ada yang pernah denger nama mereka? hehe, 99% gw jamin enggak kenal.. karena mereka adalah nama band gw (yang gak terkenal) hahahaha..>=DDD Lho? terus apa istimewanya?



Sebenarnya gw itu punya band di Jakarta (pinggiran Tangerang deng..) dan gw biasa latihan setiap minggu. Tapi itu dulu, sekarang lain cerita.. berhubung gw kuliah di Bandung, gw jadi cuma ketemu mereka 2 minggu sekali. Itu membuat ada waktu kosong selama 12 hari bagi gw tanpa bermusik. Dan itu bener-bener menyiksa gw, karena musik adalah sarana paling tokcer yang bisa membuat gw menyalurkan aspirasi dan perasaan gw. Akhirnya gw putuskan untuk membuat sebuah band baru (sampingan) dengan format musik yang berbeda, gw mau coba eksplorasi. Maklum, band gw yang di sana bersifat lebih ke arah komersil.. Meskipun band gw yang di Jakarta itu enggak atau belum terkenal-terkenal juga, gw bareng mereka ngeband udah lebih dari 8 tahun dengan mimpi bisa masuk label. Jadi sebuah band baru bisa jadi penyegar otak gw yang kadang terasa penat atau jenuh.


Dan terbentuklah band baru gw di Bandung itu, dengan nama Alia. Awalnya sih gw cuma sekedar menyalurkan perasaan gw yang sangat cinta bermusik. Tapi, entah kenapa gw jadi so excited! I think this is really a new world! New sensation of Music! Bersama dengan Alia, gw banyak banget menemukan hal-hal baru yang menambah pengetahuan gw dalam bermusik. Lagu-lagu ciptaan gw terasa lebih fresh! lebih berani! lebih dewasa! dan lebih matang!!! Gw bener-bener menemukan sesuatu yang baru yang sangat menarik untuk digali lebih dalam lagi!

Alia itu terdiri dari 4 orang. Sebut saja mereka PauL (gw) sebagai vocalist+ guitarist + songwriter + arranger, Pollar sebagai bassist, Boyor sebagai drummer, dan Klavier sebagai keyboardist.. ditambah lagi dengan kehadiran Chevy sebagai manager. Gw sengaja memalsukan nama mereka di sini, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, atau takut menyinggung perasaan seseorang. Kalo dilihat peranan masing-masing personil, mungkin gw akan terlihat dominan.. karena gw yang tulis lirik, aransement, dan merangkap vocalist+guitarist. Tapi gw enggak pernah memandangnya seperti itu, gw merasa memang inilah bakat dan kelebihan yang gw miliki.. jadi gw menjalankannya dengan tujuan untuk mencari kepuasan dan membagi kepuasan itu ke temen-temen band gw atau siapapun.. bukan untuk pamer atau pengen dibilang sok hebat.


Mungkin gw akan coba sedikit menggambarkan apa yang gw maksud kalo gw itu punya kelebihan dalam bermusik. Secara permainan gitar, gw biasa-biasa aja kok.. gw bukan pemain gitar yang handal layaknya Joe Satriani ataupun Paul Gilbert. Gw juga bukan penyanyi yang hebat seperti Michael Buble atau Freddy Mercurry. Terus apa dong??? Hmmm, jadi gini maksud gw.. seringkali gw gak butuh alat musik untuk membuat suatu konsep awal sebuah musik atau lagu.. atau jika gw mau belajar (ngulik) lagu orang, gw kadang cukup mendengarkannya aja tanpa harus repot-repot praktekin nadanya di gitar gw.. Misalnya aja waktu gw mau aransement lagu orang lain, dengan mendengarnya aja gw sudah bisa membayangkan ataupun menentukan bagaimana musik itu akan gw rubah, lengkap bersama string yang bermain di dalamnya dan bagaimana lagu itu akan dinyanyikan, juga progresi chord-chord yang akan gw pakai di lagu itu.. mereka seperti dateng begitu aja ke kepala gw. Memang gak setiap saat gw bisa melakukannya, dan gak semua lagu juga gw bisa begitu. Tapi yang jelas gw bisa melakukan hal seperti itu, dan lebih sering “bisa” daripada “enggak” nya. So, jadi itulah yang gw maksud kalo gw punya kelebihan dalam bermusik. Gw sendiri baru menyadari ini ketika gw bareng Alia. Gw rasa sih itu bukan hanya karena sekedar bakat, tapi juga karena terbiasa, karena sering mencoba.. seperti yang sering bokap gw bilang “alah bisa, karena biasa” kita bisa melakukan sesuatu hal karena kita terbiasa, karena kita belajar, karena kita berusaha.. ^^


Kurang lebih gw bareng Alia selama hampir 3 tahun sebelum akhirnya bubar karena Pollar (sang bassist) keluar. Selama kurang lebih 1 tahun lamanya langkah Alia terhenti, sampai akhirnya tercipta lagi semangat baru untuk memulainya kembali. Gw, Klavier, dan si Boyor mau coba lagi untuk merajut itu semua dengan merekrut bassist baru. Dan akhirnya, inilah dia.. Treforia sebuah band baru dengan format yang baru. Perbedaannya bukan hanya terletak pada bassist yang berbeda, tapi juga nuansa musik yang berbeda. Kalo Alia bisa dibilang lebih lembut, dan mengangkat tema-tema seperti cinta, kebahagiaan, ataupun kemalangan.. yang jelas apapun temanya, Alia memainkan musik yang lebih lembut. Sementara itu, Treforia sedikit lebih up bit.. tema-tema yang diangkat juga lebih banyak tentang kehidupan, merenung, ataupun sakit hati.. meskipun ada juga yang tentang cinta, tapi Treforia memiliki makna yang lebih dalam.. Yaaaa, begitulah.. semakin lama kami semua bertambah dewasa, bertambah pengalaman, dan wawasan.


Sekarang kita sedikit beralih kepada arti dari nama. Alia itu berarti “yang maha tinggi”, tapi bukan itu maksud kami menamakannya Alia. Alia itu adalah nama seorang wanita, kenapa harus mengambil nama seorang wanita? karena Alia itu mengusung genre pop alternative yang lebih ke arah musik yang lembut. Maka nama Alia kami pandang cukup pantas untuk melambangkan kelembutan. Kenapa harus Alia? sebenarnya enggak ada maksud apa-apa, tapi Alia bisa juga berarti singkatan dari “Another Life Inside an Artist”. Lalu apa itu Treforia? Tre dalam bahasa Italia berarti “tiga”, dan Foria adalah kepanjangan dari Euforia. Tiga yang dimaksud adalah gw, klavier, dan si gendut. Dan kata "Euforia" dipilih karena kami bertiga sedang dilanda euforia yang hebat untuk kembali membentuk sebuah band, dan kembali bermain musik. That’s the reason why..=)


Pada posting-posting kedepan nanti akan ada contoh-contoh lirik lagu Alia ataupun Treforia, mudah-mudahan bisa juga sekalian gw upload lagunya supaya para pembaca dan blogger bisa denger.. sekalian hitung-hitung promosi..^^

Jadi itulah dia, salah satu tempat, suasana, dan lingkungan yang indah dalam hidup gw.. =) Meskipun saat ini gw tau kalo semua itu bisa jadi cuma sementara, karena gw yang harus balik ke Jakarta setelah lulus.. mungkin beberapa bulan lagi.. Tapi, mereka berdua (Alia & Treforia) akan menjadi suatu cerita dalam hidup gw yang indah. Tempat di mana gw memulai kedewasaan dalam bermusik, tempat di mana gw menemukan seorang sahabat baru yang berarti buat gw, tempat di mana gw membuat banyak lagu untuk “si Dia” ^^



0 comments:

Post a Comment

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies